Kemasan Modern yang Baik untuk Produk – Kemasan modern yang kita gunakan selama ini tidak hanya sebatas fungsi utamanya sebagai pelindung produk. Lebih dari itu, kemasan sepertinya memiliki nilai lebih yang bisa dijadikan sebagai alat untuk mendukung branding produk Anda.

Kemasan Modern yang Baik untuk Produk

Keberadaan kemasan telah mengalami perkembangan yang sangat istimewa. Dari kemasan menjadi satu-satunya sumber keamanan produk, kini kemasan juga mempengaruhi kredibilitas dan penilaian konsumen. Beberapa tahun yang lalu, sebuah produk hanya dikemas dalam plastik transparan yang kemudian disegel dengan segel tradisional. Produk tersebut kemudian hanya dipasarkan di kios terdekat. Padahal, produk-produk tersebut memiliki potensi besar untuk dipasarkan di pasar yang lebih luas.

Apakah Anda masih salah satu produsen yang menggunakan metode di atas? Maka ini mungkin saatnya untuk beralih ke kemasan modern. Kemasan modern saat ini bisa dikatakan sebagai alat yang sudah berisi banyak untuk segala kebutuhan. Ada banyak jenis kemasan modern saat ini. Anda akan menemukannya dalam berbagai bahan dan ukuran, termasuk kemasan plastik fleksibel yang dicetak dalam warna penuh.

Dalam berbagai industri, bahan kemasan akan sangat mempengaruhi banyak hal. Namun, tahukah Anda bahwa bahan plastik dalam kemasan merupakan salah satu bahan yang cocok digunakan di hampir banyak produk. Dari produk bubuk, padat, cair, dari produk yang bisa dikonsumsi hingga produk yang tidak boleh dikonsumsi. Oleh karena itu tidak heran jika banyak produk yang menggunakan kemasan plastik sebagai kemasan produk modern.

Mengapa Kemasan Modern?

Sampai saat ini, kita belum banyak berbicara tentang kemasan modern. Tapi mengapa kemasan modern? Apakah kemasan jenis ini paling cocok untuk pengusaha masa kini?

Adapun pertanyaan selanjutnya, sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat kemasan modern menjadi pilihan terbaik untuk kemasan. Beberapa jawaban seperti yang dijelaskan sebelumnya. Namun jika dicermati, persaingan antar perusahaan yang semakin ketat saat ini memaksa produsen untuk terus mencari cara agar konsumen dapat mengingat produknya dengan baik.

Saat ini sudah banyak jaringan pemasaran yang bisa digunakan oleh banyak produsen. Dengan cara tradisional, seperti menitipkan produk di toko atau warung terdekat. Atau mungkin juga menawarkan produk tersebut kepada kerabat dekat. Cara pemasaran melalui media online juga cukup menarik. Banyaknya marketplace yang dapat dimanfaatkan oleh produsen saat ini juga merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan.

Namun di antara taktik pemasaran yang membanjiri produsen saat ini, tantangan lain muncul. Produsen masa kini perlu membuat konsumen percaya, percaya, ingat, untuk menjadi konsumen yang loyal.

Bayangkan saja ketika seorang konsumen memasuki pasar dan kemudian mengetikkan sebuah kata kunci, misalnya ‘pangsit ikan’. Semua produk pangsit ikan akan muncul secara otomatis, termasuk produk pangsit yang Anda jual. Tetapi bagaimana Anda memastikan bahwa konsumen melihat produk Anda dan tertarik untuk membelinya?

Meski konsumen sudah terlanjur membeli, mereka tidak memungkiri ada tantangan lain yang membuat konsumen mengingat produk Anda sebagai siomay yang akan mereka beli lagi. Tantangan-tantangan ini jauh lebih sulit akhir-akhir ini karena pesaing Anda sangat jelas terlihat di depan mata Anda.

Dengan demikian, keberadaan kemasan untuk merek produk Anda menjadi sangat penting. Saat konsumen mengetik kata kunci “pangsit ikan” di pasar, produk bermerek Anda bisa mendapatkan lebih banyak eksposur. Kredibilitas produk Anda juga meningkat karena Anda memberikan informasi yang jelas pada kemasannya. Karena informasi dan merek sudah jelas di kemasan, konsumen tidak perlu lagi repot mengingat nama produk. Bahkan merek pada kemasan bisa menjadi ikon atau ciri produk.

Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman beberapa alasan mengapa kemasan modern bisa membuat branding lebih efektif:

Tempat untuk Membangun Merek

Merek produk dapat dibangun di mana saja. Melalui media iklan, media sosial, media massa, hingga sebuah paket. Dalam sebuah paket Anda bisa membangun brand yang membuat produk Anda mudah dikenali.

Anda dapat menambahkan gambar maskot tambahan ke kemasan Anda, menjadikannya merek yang kuat yang dapat menjadi ciri produk Anda. Kemasan modern memungkinkan Anda melakukan semua ini karena teknik digital printing memudahkan Anda mengeksplorasi banyak hal untuk menciptakan merek yang menarik.

Anda juga bisa bermain dengan penggunaan warna pada kemasan untuk lebih memperluas merek. Menggunakan warna yang konsisten dari waktu ke waktu memudahkan konsumen untuk mengingat produk.

Berisi Informasi yang Membantu Konsumen

Informasi yang membantu konsumen juga merupakan cara yang dapat Anda gunakan untuk membangun branding. Ini mungkin tidak terkait langsung, tetapi informasi yang diberikan dapat membantu Anda membangun kepercayaan konsumen.

Ini harus menjadi perhatian yang lebih besar bagi produsen. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jelas tentang komposisi produk, tempat produksi juga penting. Jika produk Anda adalah makanan, coba berikan juga informasi tentang cara Anda memasak atau mengonsumsi produk tersebut.

Informasi produk memastikan bahwa konsumen mengenal produk Anda dengan lebih baik. Ini juga mengurangi kemungkinan kesalahan yang dapat terjadi, misalnya jika produk Anda mengandung alergen tertentu, konsumen yang alergi dapat segera mengetahuinya.

Memungkinkan Anda Memiliki kemasan Edisi Terbatas

Hal yang satu ini seringkali tidak dipikirkan oleh banyak produsen. Sedangkan kemasan edisi terbatas dapat membuat produk Anda terlihat lebih menarik dan eksklusif. Anda dapat menggunakan metode ini jika Anda merilis edisi terbatas untuk produk Anda.

Penggunaan kemasan edisi terbatas untuk produk terbatas memang menjadi salah satu tren saat ini. Beberapa produk dari merek ternama bahkan mengikuti cara ini untuk menarik perhatian konsumen. Jika brand Anda cukup berkembang, Anda sebenarnya bisa menerapkan cara ini.

Telepon
Whatsapp